1.
IKLAN
PRODUK MINUMAN
ANALISIS:
Dalam iklan yang berdurasi ±31
detik tersebut, menampilkan jingle yang berisi “pancarkan aura cantikmu dengan
n****** green blend baru, kopi nikmat dengan kebaikan kandungan biji kopi
hijau”.
Kelebihan:
tampilan iklan sangat mendukung dengan jingle yang disebutkan diatas, dimana
terdapat seorang wanita yang sedang memimpin rapat namun tidak ada yang
memperhatikan, kemudian dia meminum kopi untuk menghilangkan kekesalannya dan
perhatian kemudian tertuju kepadanya karena sang wanita memancarkan aura
cantiknya setelah meminum kopi tersebut.
Kekurangan:
dalam jingle hanya disebutkan “kebaikan kandungan biji kopi hijau” yang hanya
bisa memancarkan aura cantik seseorang yang meminumnya, tidak disebutkan
kelebihan lain selain itu, apabila pengisi iklan diganti dengan seorang pria,
apakah jingle “pancarkan aura cantikmu” masih berlaku?
2.
IKLAN
PRODUK SUSU FORMULA
ANALISIS:
Dalam iklan yang berdurasi ±1 menit
tersebut, terdapat seorang ayah yang berkata “setiap hari kami berjuang demi
masa depan si kecil” dan seorang ibu yang berkata “bagaimanapun keadaannya,
kami beri segalanya yang terbaik untuk kehidupannya yang lebih baik”. Selain
itu terdapat kata-kata “selama lebih dari 60th, s** eksplor mendukung orang tua
indonesia untuk mempersiapkan si kecil jadi generasi maju”. Lalu terdapat pula
slogan “aku anak s**” dan “anak s**, anak generasi maju”.
Kelebihan:
slogan atau kalimat yang dipakai dalam iklan sudah sangat jelas menggambarkan
bahwa dengan meminum susu tersebut, maka kita sudah menjadi bagian dari anak
generasi maju. Selain itu kalimat yang menyatakan “s** eksplor mendukung orang
tua Indonesia untuk mempersiapkan si kecil jadi generasi maju” juga sudah
terbukti adanya dengan kata – kata ayah dan ibu yang ingin berjuang demi si
kecil dan memberikan segalanya yang terbaik untuk kehidupan si kecil yang lebih
baik.
Kekurangan:
fokus dalam iklan tersebut adalah untuk mempersiapkan si kecil jadi generasi
maju, dengan cara rutin meminum susu formula sejak kecil. Padahal mungkin
seharusnya bisa lebih dijelaskan lagi kandungan yang terdapat dalam susu
tersebut yang bisa meyakinkan pemirsa bahwa dengan meminum susu tersebut si
kecil bisa menjadi generasi maju.
3.
IKLAN
APLIKASI ONLINE SHOPPING
ANALISIS:
Dalam iklan yang berdurasi ±1 menit
tersebut, terdapat kata-kata “janji itu butuh komitmen yang asli, komitmen asli
yang bersungguh-sungguh, untuk peduli, untuk berbagi, dan komitmen yang asli
pasti tepati janji. Seperti J**** memberi yang asli tanpa kompromi”. Lalu
terdapat slogan yang berbunyi “J**** dijamin ori”.
Kelebihan:
suasana dalam iklan tersebut sudah tepat seperti kalimat yang disebutkan
diatas, dan penjabaran kalimat kedalam suasana iklan sudah sangat mendukung
bahwa segala sesuatu yang asli pasti diberikan secara bersugguh-sungguh tanpa
adanya kompromi.
Kekurangan:
walaupun kalimat dan slogan yang terdapat dalam ikan tersebut sudah bagus,
tetapi sulit dipahami hanya dalam sekali menonton saja. Hal ini dikarenakan
penggunaan kalimat yang terlalu berbelit-belit dalam menjelaskan bahwa produk
yang dibelli di J**** sudah pasti ori.
4.
IKLAN
APLIKASI DENGAN #SELALUTAUMUSIK
ANALISIS:
Dalam
iklan yang berdurasi ±31 detik tersebut, terdapat lagu yang dinyanyikan dengan
lirik sebagai berikut:
Oh
tuhan.. ku cinta dia..
Ku
sayang dia, rindu dia, inginkan dia..
Lalu
terdapat slogan yang menyatakan bahwa “selalu tahu musik dengan G*****”.
Kelebihan:
dalam iklan tersebut, lagu yang dipilih untuk dijadikan iklan sudah pas, karena
lagu tersebut sangat populer dan juga ear catching dengan liriknya yang sangat
simple.
Kekurangan:
dalam iklan digambarkan bahwa sang pria hanya mengetahui lirik lagu tersebut
tanpa tahu judulnya, kemudian dia mencari judul lagu tersebut di dalam aplikasi
dengan mengetikkan keyword “lagu dia”, seharusnya lebih masuk akal jika sang
pria menuliskan dengan lengkap llirik lagu yang terdapat diatas ke dalam
aplikasi tersebut, bukan hanya keyword “lagu dia” seolah-olah dia sudah tau
judul dari lagu tersebut.
5.
IKLAN
MODEM WIFI
ANALISIS:
Dalam iklan yang berdurasi ±1
menit, terdapat dialog antara pengendara mobil dan pengendara motor dengan
situasi di jalanan yang sedang macet, seorang pengendara mobil sedang kesusahan
mencari sinyal internet, kemudian handphone pegendara mobil tersebut dicopet
oleh seorang pengendara motor dan tak lama dikembalikan oleh pencopet karena
internet di hp tersebut sinyalnya rendah alias lemot. Selain itu terdapat
slogan yang berbunyi “mau internet ngebut? Pakai modem wifi S******** 4G LTE
Advance, apapun HP-mu internetnya jadi 4G.”
Kelebihan:
percakapan antara sang pengendara mobil dan pengendara motor cukup lucu dan
juga menarik, karena mereka sama-sama memperebutkan handphone dengan sinyal
yang rendah, sebelum akhirnya terdapat solusi atas masalah tersebut yaitu
dengan menggunakan S******** 4G LTE Advance, sehingga handphone dengan jenis
apapun internetnya menjadi secepat sinyal di handphone 4G.
Kekurangan:
dalam iklan hanya dijelaskan bahwa handphone dengan jenis apapun internetnya
jadi 4G, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa apapun jenis jaringannya
tergantung dari kondisi tempat kita berada, apabila di tempat tersebut tidak
ada sinyal 4G maka modem wifi tersebut tidak bisa digunakan.
Komentar
Posting Komentar