ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN IKLAN DI TELEVISI



1.      IKLAN PRODUK MINUMAN

ANALISIS:
Dalam iklan yang berdurasi ±31 detik tersebut, menampilkan jingle yang berisi “pancarkan aura cantikmu dengan n****** green blend baru, kopi nikmat dengan kebaikan kandungan biji kopi hijau”.
Kelebihan: tampilan iklan sangat mendukung dengan jingle yang disebutkan diatas, dimana terdapat seorang wanita yang sedang memimpin rapat namun tidak ada yang memperhatikan, kemudian dia meminum kopi untuk menghilangkan kekesalannya dan perhatian kemudian tertuju kepadanya karena sang wanita memancarkan aura cantiknya setelah meminum kopi tersebut.
Kekurangan: dalam jingle hanya disebutkan “kebaikan kandungan biji kopi hijau” yang hanya bisa memancarkan aura cantik seseorang yang meminumnya, tidak disebutkan kelebihan lain selain itu, apabila pengisi iklan diganti dengan seorang pria, apakah jingle “pancarkan aura cantikmu” masih berlaku?

2.      IKLAN PRODUK SUSU FORMULA


ANALISIS:
Dalam iklan yang berdurasi ±1 menit tersebut, terdapat seorang ayah yang berkata “setiap hari kami berjuang demi masa depan si kecil” dan seorang ibu yang berkata “bagaimanapun keadaannya, kami beri segalanya yang terbaik untuk kehidupannya yang lebih baik”. Selain itu terdapat kata-kata “selama lebih dari 60th, s** eksplor mendukung orang tua indonesia untuk mempersiapkan si kecil jadi generasi maju”. Lalu terdapat pula slogan “aku anak s**” dan “anak s**, anak generasi maju”.
Kelebihan: slogan atau kalimat yang dipakai dalam iklan sudah sangat jelas menggambarkan bahwa dengan meminum susu tersebut, maka kita sudah menjadi bagian dari anak generasi maju. Selain itu kalimat yang menyatakan “s** eksplor mendukung orang tua Indonesia untuk mempersiapkan si kecil jadi generasi maju” juga sudah terbukti adanya dengan kata – kata ayah dan ibu yang ingin berjuang demi si kecil dan memberikan segalanya yang terbaik untuk kehidupan si kecil yang lebih baik.
Kekurangan: fokus dalam iklan tersebut adalah untuk mempersiapkan si kecil jadi generasi maju, dengan cara rutin meminum susu formula sejak kecil. Padahal mungkin seharusnya bisa lebih dijelaskan lagi kandungan yang terdapat dalam susu tersebut yang bisa meyakinkan pemirsa bahwa dengan meminum susu tersebut si kecil bisa menjadi generasi maju.

3.      IKLAN APLIKASI ONLINE SHOPPING

ANALISIS:
Dalam iklan yang berdurasi ±1 menit tersebut, terdapat kata-kata “janji itu butuh komitmen yang asli, komitmen asli yang bersungguh-sungguh, untuk peduli, untuk berbagi, dan komitmen yang asli pasti tepati janji. Seperti J**** memberi yang asli tanpa kompromi”. Lalu terdapat slogan yang berbunyi “J**** dijamin ori”.
Kelebihan: suasana dalam iklan tersebut sudah tepat seperti kalimat yang disebutkan diatas, dan penjabaran kalimat kedalam suasana iklan sudah sangat mendukung bahwa segala sesuatu yang asli pasti diberikan secara bersugguh-sungguh tanpa adanya kompromi.
Kekurangan: walaupun kalimat dan slogan yang terdapat dalam ikan tersebut sudah bagus, tetapi sulit dipahami hanya dalam sekali menonton saja. Hal ini dikarenakan penggunaan kalimat yang terlalu berbelit-belit dalam menjelaskan bahwa produk yang dibelli di J**** sudah pasti ori.

4.      IKLAN APLIKASI DENGAN #SELALUTAUMUSIK


ANALISIS:
Dalam iklan yang berdurasi ±31 detik tersebut, terdapat lagu yang dinyanyikan dengan lirik sebagai berikut:
Oh tuhan.. ku cinta dia..
Ku sayang dia, rindu dia, inginkan dia..
Lalu terdapat slogan yang menyatakan bahwa “selalu tahu musik dengan G*****”.
Kelebihan: dalam iklan tersebut, lagu yang dipilih untuk dijadikan iklan sudah pas, karena lagu tersebut sangat populer dan juga ear catching dengan liriknya yang sangat simple.
Kekurangan: dalam iklan digambarkan bahwa sang pria hanya mengetahui lirik lagu tersebut tanpa tahu judulnya, kemudian dia mencari judul lagu tersebut di dalam aplikasi dengan mengetikkan keyword “lagu dia”, seharusnya lebih masuk akal jika sang pria menuliskan dengan lengkap llirik lagu yang terdapat diatas ke dalam aplikasi tersebut, bukan hanya keyword “lagu dia” seolah-olah dia sudah tau judul dari lagu tersebut.                                                                       

5.      IKLAN MODEM WIFI

ANALISIS:
Dalam iklan yang berdurasi ±1 menit, terdapat dialog antara pengendara mobil dan pengendara motor dengan situasi di jalanan yang sedang macet, seorang pengendara mobil sedang kesusahan mencari sinyal internet, kemudian handphone pegendara mobil tersebut dicopet oleh seorang pengendara motor dan tak lama dikembalikan oleh pencopet karena internet di hp tersebut sinyalnya rendah alias lemot. Selain itu terdapat slogan yang berbunyi “mau internet ngebut? Pakai modem wifi S******** 4G LTE Advance, apapun HP-mu internetnya jadi 4G.”
Kelebihan: percakapan antara sang pengendara mobil dan pengendara motor cukup lucu dan juga menarik, karena mereka sama-sama memperebutkan handphone dengan sinyal yang rendah, sebelum akhirnya terdapat solusi atas masalah tersebut yaitu dengan menggunakan S******** 4G LTE Advance, sehingga handphone dengan jenis apapun internetnya menjadi secepat sinyal di handphone 4G.
Kekurangan: dalam iklan hanya dijelaskan bahwa handphone dengan jenis apapun internetnya jadi 4G, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa apapun jenis jaringannya tergantung dari kondisi tempat kita berada, apabila di tempat tersebut tidak ada sinyal 4G maka modem wifi tersebut tidak bisa digunakan.



Komentar